Uplyftt Membership Program require to change account password.



*
*
*
 

Note:
Password should contains atleast one capital letter one lowercase letter and one symbol and number and must be atleast 8 characters in length.

Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Beli

  • Membeli mobil bekas bisa menjadi jalan keluar jika anda membutuhkan mobil namun hanya memiliki anggaran yang kecil untuk membelinya. Harga mobil bekas lebih murah berkali-kali lipat, tergantung pada kondisi dan tahun produksi. Namun bukan berarti semakin murah mobil, semakin jelek pula kondisinya. Tak jarang ada penjual yang menginginkan untung besar sehingga masih menjual mobil dengan harga tinggi meskipun kondisi mobil sudah tidak layak dengan harga tinggi. 

    Untuk itulah anda perlu sangat teliti dalam memeriksa kondisi mobil bekas sebelum membelinya. Secara umum pengecekan bisa dibagi menjadi 4, yaitu pengecekan mesin, interior, eksterior, dan terakhir yaitu surat-surat. 

    Pengecekan Mesin

    Mesin mobil adalah komponen utama yang harus anda cek sebelum membeli mobil bekas. Baik atau buruknya sebuah mobil bekas ditentukan oleh mesin. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengecek mesin mobil, yaitu:

    1. Menyalakan mesin

    Jika pada keadaan dingin mobil langsung bisa menyala, itu artinya kondisi mesin masih bagus. Anda perlu bertanya pada penjual apabila mobil tersebut susah dinyalakan atau tersendat-sendat. Ini bisa jadi tanda bahwa mobil jarang diservis atau bisa juga karena aki bermasalah. 

     2. Rasakan getaran mesin

    Setelah mobil menyala, anda bisa merasakan getaran yang dihasilkan mobil. Namun anda perlu memastikan bahwa getaran tersebut memang terasa tidak normal. Pasalnya, pada mobil dengan 3-silinder seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla, getaran adalah hal yang wajar. Mesin mobil 3-silinder memang terkenal dengan getarannya yang cukup terasa dibandingkan dengan mesin mobil 4-silinder seperti Honda Brio.  

     3. Test drive dan cek bau mesin

    Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan test drive. Tak perlu lama-lama, gunakan mobil sekitar 10 – 20 menit saja untuk memastikan bahwa mobil tidak bermasalah saat digunakan berkendara. Selama test drive, anda juga bisa memeriksa semua fitur apakah berjalan normal dari AC, lampu, wiper, dan lainnya. 

    Setelah selesai melakukan test drive, anda perlu memeriksa bau pada mesin. Buka kap mesin mobil, periksa apakah ada bau mesin. Pembakaran tidak sempurna dan level oli yang rendah biasanya akan menimbulkan bau terbakar dari mesin. Bau terbakar juga merupakan tanda bahwa ada komponen yang aus dan harus segera diganti di dalam mesin.

    Pengecekan Interior

    Mengecek interior tentu tidak akan serumit pengecekan mesin. Anda hanya perlu memeriksa kabin mobil. Periksa apakah kabin mobil tersebut memiliki bau yang tidak sedap. Mobil yang pernah terendam banjir cenderung mengeluarkan bau tidak sedap di bagian kabinnya, seperti bau apek dan menyengat. Selanjutnya periksa kursi dan kain atau kulit pelapisnya apakah ada yang aus, robek, terkena noda, atau kerusakan lain. Ketika digunakan, pastikan kursi mobil bisa disetel dan berfungsi dengan baik. 

    Jika anda sudah cocok dengan mobil yang akan anda beli namun ruang kabin ternyata berbau tidak sedap, anda bisa mengakalinya dengan mengganti karpet dasar mobil tersebut. Bawa mobil ke bengkel dan minta agar karpet mobil dicopot lalu diganti dengan yang baru. Anda juga bisa menyemprotkan anti rayap sebelum memasang karpet dasar. 

    Pengecekan Eksterior

    Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengecek kondisi eksterior mobil adalah dengan melihat ban, body mobil, dan juga kolong mobil.  

    Untuk masalah ban mobil, anda perlu untuk membawa mobil ke tanah yang landai, setelah itu periksa kerataan ban mobil. Ketika ban tidak lurus, maka suspensi atau kemudi juga ada masalah. Bahkan, ban aus tidak rata juga bisa menandakan kerusakan rangka yang akan mempengaruhi kinerja mobil dan bisa berbahaya saat dikendarai. 

    Pengecekan body mobil dilakukan untuk mengetahui apakah mobil pernah dicat ulang dan juga mengalami benturan yang keras hingga penyok. Anda tentu bisa melihat jika terdapat penyokan pada body mobil dan warna cat yang sudah berubah. 

    Terakhir, jangan ragu untuk memeriksa bagian kolong mobil untuk memastikan kualitas mobil bekas yang akan anda beli. Perhatikan bagian spakbor, apakah terdapat goresan? Sebab goresan ini menjadi tanda bahwa spakbor pernah diganti atau disetel ulang, yang mungkin dilakukan karena mobil tersebut pernah mengalami tabrakan. Kemudian lihat juga apakah ada kerusakan dan karat pada rangka karena ini menandakan adanya keausan. Anda bisa menjadikan ini alasan untuk melakukan negosiasi harga menjadi lebih murah. Pasalnya, jika ada karat atau lubang kecil, bisa membuat sistem pembuangan bocor di kemudian hari. Ini tentu memerlukan biaya service yang mahal. 

    Pengecekan dokumen dan surat-surat

    Dokumen yang perlu anda periksa pertama kali adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Untuk BPKB lama, bukunya berwarna biru dan berisi 22 halaman. Sementara BPKB baru, bukunya berwarna coklat dengan jumlah halaman lebih tipis, yaitu 10 halaman.  

    Setelah BPKB anda tentu perlu mengecek Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK). STNK harus dalam kondisi asli. Cara mudah membedakan STNK palsu atau asli yaitu dengan melihat tulisan di STNK. STNK asli tidak akan luntur jika terkena air, lalu terdapat hologram logo korps Polri dan tulisan STNK, serta pita atau benang pengaman yang dibuat seperti rajutan di bagian sisinya. 

    Selanjutnya anda perlu mengecek Lembar pajak untuk mengetahui kapan pajak mobil tersebut jatuh tempo. Pastikan mobil yang akan anda beli pajaknya belum kadaluarsa. Karena kalau sudah kadaluarsa, sudah pasti anda kena denda ketika perpanjang pajak atau balik nama. 

    Terakhir anda perlu mengecek Faktur atau bukti pembelian yang diberikan kepada dealer saat mereka menerima unit dari pabrik. Faktur pembelian mobil berisikan keterangan nomor mesin, rangka, harga penjualan dealer, dan nama pembeli pertama. 

     Itulah beberapa hal yang perlu anda cek sebelum membeli mobil bekas. Pastikan anda menambah budget untuk biaya servis dan tune up agar performa mobil bisa kembali prima. 

    Nah, agar Otofriends bisa memastikan kondisi mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas otospector.co.id. Dengan prosedur pemeriksaan yang detail yakni mencapai 150 titik pemeriksaan dan tenaga inspektor yang andal, tentu Otofriends akan mendapat gambaran utuh tentang kondisi sebuah mobil bekas yang hendak dibeli.