Uplyftt Membership Program require to change account password.



*
*
*
 

Note:
Password should contains atleast one capital letter one lowercase letter and one symbol and number and must be atleast 8 characters in length.

Kelebihan & Kekurangan Pipa Titanium

  • Pipa titanium digunakan dalam berbagai macam aplikasi. Logam transisi ini memiliki warna perak dan dicirikan oleh tegangan rendah dan kekuatan tinggi. Sifat unik ini membuatnya ideal untuk berbagai aplikasi yang berbeda, hanya beberapa yang telah disebutkan sebelumnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang titanium, termasuk kelebihan dan kekurangannya, teruslah membaca.

    Keuntungan

    Salah satu keuntungan yang paling menonjol dari pipa titanium adalah kekuatannya. Ini adalah salah satu logam terkuat dan paling tahan lama di planet ini, itulah sebabnya logam ini digunakan di banyak aplikasi industri. Faktanya, titanium memiliki rasio kekuatan-terhadap-densitas tertinggi dari setiap elemen logam pada tabel periodik, membuktikan manfaatnya. Titanium (tanpa paduan) menyaingi baja dalam hal kekuatan tetapi kurang padat, menjadikannya pilihan yang disukai di antara banyak profesional.

    Keuntungan utama lainnya yang terkait dengan pipa besi titanium adalah ketahanan alaminya terhadap karat dan korosi. Ketika logam terkena kelembaban, itu memicu proses kimia yang dikenal sebagai oksidasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan korosi. Kabar baiknya adalah bahwa logam tertentu secara alami tahan terhadap fenomena ini, termasuk titanium. Baik digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan, itu akan bertahan selama bertahun-tahun tanpa menyerah pada efek karat dan korosi.

    Kekurangan

    Tentu saja, ada juga beberapa potensi kerugian dari titanium, salah satunya adalah kesulitan casting. Tidak seperti besi dan aluminium, titanium tidak dapat dengan mudah dicor. Jika Anda mencari logam cor, yang terbaik adalah memilih logam yang berbeda daripada titanium. Jadi, mengapa titanium tidak bisa dicor? Sekali lagi, ini ada hubungannya dengan kekuatannya. Karena begitu kuat, titanium tidak bisa dengan mudah dicor seperti aluminium atau besi.

    Perlu juga disebutkan bahwa titanium umumnya lebih mahal daripada jenis logam lainnya. Jika dibandingkan dengan baja, besi, aluminium, dll., Anda dapat mengharapkan untuk membayar lebih untuk titanium. Ini sebagian besar karena kelangkaannya. Meskipun tidak selalu dianggap “langka”, titanium lebih langka daripada logam lain, sehingga menghasilkan harga jual yang lebih tinggi.

    Intinya adalah bahwa titanium memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini kuat, tahan lama dan secara alami tahan terhadap karat dan korosi. Namun, pada saat yang sama, tidak dapat dicor seperti aluminium atau besi, dan cenderung lebih mahal daripada logam lainnya. Mudah-mudahan, ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang titanium dan apakah itu pilihan yang tepat untuk aplikasi Anda atau tidak.

    Sumber Artikel: https://monroeengineering.com/blog/pros-and-cons-of-titanium/