Uplyftt Membership Program require to change account password.



*
*
*
 

Note:
Password should contains atleast one capital letter one lowercase letter and one symbol and number and must be atleast 8 characters in length.

5 Teknik Pengukiran Kaca Grafir dan Cara Menyelesaikannya

  • Kaca Grafir adalah bentuk seni yang telah ada selama ribuan tahun, dan salah satu yang kami senang katakan telah menjadi semakin populer sejak saat itu. Siapa pun yang memiliki coretan kreatif dapat mencoba dengan menggunakan sedikit pilihan gerinda berlian di pin vice atau alat putar. Apa yang mungkin dimulai sebagai hobi yang menyenangkan dapat dengan cepat berubah menjadi keterampilan khusus, membawa Anda ke teknik yang lebih maju dan alat lebih lanjut.

    Cara Pengukiran Kaca Grafir

    Ada beberapa cara untuk mengukir kaca, mari kita lihat dan alat serta teknik yang digunakan.

    Tangan memegang Pin Vice dengan Diamond Burr

    Sejauh ini, ini adalah metode pengukiran Kaca Grafir yang paling murah dan paling sederhana dan sangat bagus untuk pemula mutlak yang mungkin ingin mencoba keterampilan mereka sebelum membeli bor tangan putar seperti Dremel dengan poros fleksibel atau Motor Mikro.

    Pengajaran kelompok dan kelas akan sering menggunakan teknik ini karena hemat biaya dan tidak memerlukan listrik. Alat serupa dapat digunakan untuk pengukiran titik-titik yang disebutkan lebih lanjut, dan pengukiran linier apa pun dapat dilakukan dengan menggunakan wakil pin dengan duri titik berlian.

    Teknik Bor

    Teknik ini adalah yang paling populer dan serbaguna, memungkinkan Anda untuk menggunakan sejumlah gerinda, titik, batu, dan pemoles yang berbeda dalam Motor Mikro atau bor dengan attachment drive yang fleksibel.

    Pemula cenderung menggunakan alat putar hobi seperti Dremel, kemudian berkembang dengan menambahkan poros Fleksibel, atau lampiran poros fleksibel. Ini memungkinkan Anda untuk memegang handpiece seperti halnya pena besar.

    Akhirnya, setelah Anda benar-benar menangkap bug pengukiran kaca, beralihlah ke alat yang lebih mahal dan unggul, Motor Mikro seperti Medicool Pro Power - bor gigi profesional yang tidak memiliki getaran, hampir tanpa suara, dan di antara banyak atribut lainnya, handpiece yang sangat ringan, jadi tidak ada lagi pergelangan tangan yang sakit!

    Teknik bor melibatkan penggilingan kaca dengan menggunakan berbagai gerinda berlian, gerinda batu dan pemoles. Dengan begitu banyak bentuk dan jenis gerinda berlian, dan berbagai macam gerinda dan pemoles batu, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dibeli untuk memulai. Pada dasarnya Anda bisa mulai dengan membeli satu burr bola berlian untuk mulai berlatih dan kemudian beralih ke menambahkan bayangan dan efek dengan gerinda dan pemoles batu lebih lanjut.

    Roda Tembaga

    Ukiran roda tembaga adalah teknik tradisional yang sering digunakan untuk memotong desain kristal kaca. Ukuran dan profil yang berbeda dari roda tembaga yang dipasang pada spindel digerakkan oleh sabuk pada mesin bubut. Roda diputar dengan menggunakan pedal kaki dan roda diberi bahan abrasif seperti carborundum. Kaca dibawa ke roda untuk membuat potongan. Saat ini, roda batu dan berlian lebih umum digunakan dan digerakkan oleh motor listrik daripada pedal kaki.

    Sandblasting

    Sandblasting kadang-kadang dikenal sebagai ukiran pasir atau ukiran pasir. Area kaca yang tidak akan diukir akan ditutup dengan bahan penutup kemudian media abrasif grit halus 'diledakkan' pada tekanan tinggi ke permukaan kaca.

    Pemahat kaca yang terampil akan menggunakan stensil potong tangan dan campuran teknik seperti sandblasting dengan teknik bor untuk menciptakan beberapa hasil yang sangat menarik. Cukup sering teknik sandblasting digunakan pada skala industri untuk produksi massal desain kaca.

    Titik

    Pengukiran titik-titik adalah teknik yang membutuhkan banyak kesabaran dan keterampilan. Pola pada kaca, idealnya kristal timah, dibuat menggunakan ketukan berulang dari titik karbida ke lekukan atau titik kecil yang kreatif. Gambar yang dihasilkan meninggalkan tampilan berkabut.
    Titik karbida lebih umum digunakan karena dapat diasah kembali dan meninggalkan potongan yang bersih, tetapi duri atau titik berlian juga dapat digunakan untuk pengukir titik-titik pemula. Titik karbida tungsten diadakan di wakil pin atau stylus dari beberapa jenis.

     

     


    Sumber :
    https://www.eternaltools.com/blog/five-glass-engraving-techniques-and-how-they-are-done