Uplyftt Membership Program require to change account password.



*
*
*
 

Note:
Password should contains atleast one capital letter one lowercase letter and one symbol and number and must be atleast 8 characters in length.

Jenis-jenis Lampu dan Fungsinya

  • Jenis-jenis lampu dan fungsinya yang beredar saat ini memang ada banyak. Terlebih lagi setiap saat ada berbagai pembaruan dalam teknologi pencahayaan. Semuanya demi memudahkan manusia untuk memberikan pencahayaan. Setidaknya sampai saat ini sudah ada banyak sekali berbagai macam jenis lampu. Setiap lampu mungkin memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda. Namun umumnya memiliki satu fungsi yang sama, yaitu untuk penerangan. Lalu ada berapa lampu yang biasa dipakai oleh masyarakat saat ini?

    Lampu LED atau yang Bias Disebut dengan Lights Emitting Diodes

    Lights Emitting Diodes atau yang biasa dikenal sebagai LED bisa dibilang paling baik jika dibandingkan dengan jenis lampu lain. LED memiliki kemampuan ramah lingkungan dikarenakan tidak ada konsumsi daya berlebihan saat pemakaian. Dengan konsumsi daya rendah, namun masa pakainya bisa sangat lama. Beberapa ahli mengatakan bahwa LED mampu bersinar selama 7 tahun tanpa jeda sekalipun tanpa padam.

    Lampu Halogen yang Merupakan Jenis Spot Lamp

    Mungkin bagi sebagian orang masih sangat awam dengan jenis halogen. Meskipun harganya terbilang murah jika dibandingkan dengan jenis lain. Namun hanya beberapa saja yang mau memakai jenis halogen sebagai penerangan dan terbatas pada beberapa tempat. Sebenarnya halogen adalah salah satu jenis spot lamp yang pencahayaannya hanya fokus pada satu titik. Jadi penerangan tidak bisa menyebar seperti jenis pencahayaan lain. Karena itu halogen hanya dipakai untuk tempat-tempat tertentu yang membutuhkan fokus penerangan.

    Lampu TL (Fluorescent), Lampu yang Cukup Banyak Dipakai

    Fluorescent atau biasa disebut juga sebagai neon adalah salah satu jenis-jenis lampu serta fungsinya yang sering dijual. Jika Anda sadar, kebanyakan lampu yang dijual adalah model neon atau fluorescent. Harganya cukup murah dengan konsumsi daya listrik rendah. Alasan ini juga yang membuatnya banyak dipakai di berbagai tempat. Bahkan TL atau orang menyebutnya neon termasuk sebagai salah satu jenis paling sering dipakai. Ada satu hal menarik dari neon, yaitu memiliki bentuk bervariasi. Ada bentuk bohlam standar, bentuk tabung, hingga bentuk fitting ulir. Warna putih terang yang terpancar membuatnya menjadi pilihan utama penerangan rumah. Bahkan di pusat perbelanjaan juga memakainya agar lebih hemat daya listrik.

    Memang setiap jenis pencahayaan memiliki fungsi utama masing-masing. Meskipun tujuannya adalah untuk penerangan, namun akan lebih cocok jika dipakai sesuai fungsinya. Misalnya halogen untuk spot lamp, atau neon sebagai pencahayaan mall. Jenis-jenis lampu dan fungsinya ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan serta keinginan.

    Sumber : https://mcbestari.com/penjelasan-lampu-lighting/jenis-jenis-lampu-dan-fungsinya/