Uplyftt Membership Program require to change account password.



*
*
*
 

Note:
Password should contains atleast one capital letter one lowercase letter and one symbol and number and must be atleast 8 characters in length.

Pengertian Impor Menurut Para Ahli

  •  

     

    Menurut Andi Susilo (2013:135) Impor adalah kegiatanmemasukanbarang dari suatu Negara kedalam wilayah pabean.Hal ini berartimelibatkan 2 negara dalam hal ini biasa diwakili oleh kepentingan 2perusahaan antar dua Negara tersebut yang berbeda dan pastinya jugaperaturan serta perundang_undangan yang berbeda pula.Negara yang satubertindak sebagai eksportir (supplier) dan yang lainnya bertindak sebagaiNegara penerima atau importir.

    Menurut I Komang Oko Berata (2013:7) impor adalah kegiatanmemasukan barang dari luar daerah Indonesia atau dikenal juga dengansebutan daerah pabean kedalam daerah Indonesia atau daerah pabean.

    Menurut Ali Purwitodan Indriani (2015:10) Impor merupakan kegiatan memasukan barang kedalam daerah pabean baik yang dilakukan oleh orang pribadi maupun badan hukum yang dibawa oleh sarana pengangkut telah melintasi batas Negara dan kepadanya diwaijibkan memenuhi kewajiban pabean seperti,pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

    Menurut Herman Budi Sasono (2013:69) Importir adalah orang atauperseorangan atau badan hokum pemilik angka pengenal importir (API) atauangka pengenal importir terbatas (APIT) yang mengimpor barang,untuk dapatmelakukan pemenuhan kewajiban pabean,importir wajib melakukan registrasiimportir ke Direktorat Jendral.

     

    Komoditi Dalam Impor

    Menurut Ali Purwito dan Indriani (2015:11) Pembagian komoditi dibawah ini adalah secara umum sesuai dengan tujuan pemakaianya,yaitu:

    1. Bahan baku,adanya sifat ketergantungan dalam perdagangan internasionaldan industry dalam negri ,dapat dipenuhi selain pembelian barang bakupokok atau bahan pendamping dari dalam negri ,juga melaluiimportasi.indonesia mengimpor berbagai jenis bahan baku untukkebutuhan industri.Bahan baku industry bisa berupa bahan baku pokokdan bahan pendamping.misalnya,kebutuhan akan komponen kendaraanbermotor ,selain local content dari produk dlam negeri dan sebagaianmasih diimpor.Untuk meningkatkan daya saing pemerintah memberikanfasilitas impor bea masuk ditanggung negara.Dari penelitian yangdilakukan oleh beberapa mahasiswa Universitas Indonesia antara tahun2010 hingga 2014,didapatkan kesimpulan,bahwa minat terhadap fasilitasini masih belum optimal.
    2. Barang-Barang Konsumsi,terbanyak importasi yang dilakukan olehimportir saat ini adalah konsumsi,yaitu barang yang digunakan untukmemenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari antara lain alatelektronik,susu,daging,beras,mentega,makanankalengan,kosmetik,kedelai,obat-obatan termasuk untuk kecantikan danfashion.
    3. Barang permainan anak-anak membanjirnya barang-barang murah untukmainan anak anak,mengakibatkan keamanan dan kesehatan terhadappemakaian banyak di abaikan.
    4. Minyak bumi dan mineral,ekspor komoditi ini sudah dibatasi,misalnyadengan kewajiban membangun kilang atau smelter,yang diharapkan dapatmemberikan nilai tambah.

     

    Lihat Juga tautan lainnya :

    1. ekspedisi jakarta ke sulawesi utara
    2. ekspedisi dari jakarta ke kalimantan tengah
    3. ekspedisi jakarta kalimantan barat
    4. ekspedisi jakarta ke palangkaraya
    5. ekspedisi jakarta pontianak
    6. ekspedisi Jakarta gorontalo
    7. ekspedisi jakarta palu
    8. Ekspedisi Jakarta Manado
    9. ekspedisi jakarta kalimantan utara
    10. ekspedisi jakarta kalimantan timur
    11. ekspedisi jakarta ke kalimantan selatan
    12. ekspedisi dari jakarta ke tarakan
    13. ekspedisi jakarta samarinda
    14. ekspedisi jakarta banjarmasin
    15. ekspedisi jakarta bontang
    16. ekspedisi jakarta manado
    17. Ekspedisi Jakarta Balikpapan
    18. ekspedisi jakarta ketapang